Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Sunday, December 27, 2015

Cara Terbaik Mengoptimasi URL Website Anda

cara-optimasi-url-website
Struktur URL website adalah salah satu bagian penting dari teknik SEO yang sering diremehka oleh banyak orang. Selain menempatkan kata kunci ke URL, banyak orang yang tidak melakukan hal kedua. Namun, itu adalah salah satu yang paling sederhana dan paling penting untuk mengoptimasi dan memainkan peran penting dalam hasil pencarian. Kali ini kita akan membahas beberapa teknik optimasi URL untuk meningkatkan peringkat website Anda.

Ketika berbicara tentang struktur URL, beberapa hal yang perlu dipikirkan adalah panjang URL, kata kunci/ keywords, sub-direktori, karakter khusus, dan efek dari traffic langsung serta visibilitas pencarian. Mari kita bahas dengan sederhana.

Panjang URL
Panjang URL bukanlah sebuah game changer dalam peringkat pencarian, tetapi merupakan faktor penting. Maksudnya bukan berarti URL yang panjang tidak memiliki peringkat yang baik, bisa karena pada akhirnya itu akan bermuara pada konten. Tapi, rata-rata yang mendominasi hasil pencarian adalah mereka yang memiliki panjang URL 35-40 karakter. Beberapa sumber lain mengatakan yang ideal adalah 55-65 karakter. Saya sendiri menggunakan patokan maksimal 65 karakter. Keputusan terserah Anda menggunakan yang mana.

Tidak hanya itu, panjang URL merupakan kontribusi utama dari traffic langsung, yaitu orang-orang yang datang dengan mengetikkan URL ke browser mereka. Semakin pendek URL, semakin mudah di ingat.

Sub-direktori
URL sering mengandung banyak sub-direktori/ sub-folder. sebuah halaman berisi dua hal 2015/ dan 05/. Memang sih tidak ada hubungan antara sub direktori dan peringkat pencarian. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat.

Umumnya, dari aspek user-friendly-nya akan terlihat baik jika memiliki URL yang sederhana. Karena hal ini menyumbang lebih banyak traffic langsung. Juga disarankan untuk menjaga jumlah karakter URL. Untuk posting blog, Anda dapat menggunakan struktur tanggal seperti site.com/2015/05/article.html, atau struktur kategori seperti site.com/how-to/article.html. Kebanyakan blogger profesional memilih yang terakhir, tapi Anda bisa menggunakan apapun yang Anda anggap baik.

Juga, pastikan bahwa gambar yang Anda upload diberi nama dengan benar, sehingga ketika dibuka URL mereka dapat dibaca dan terlihat layak.

Kata Kunci/ Keyword
Memiliki kata kunci dalam nama domain dan URL Anda merupakan faktor penurun peringkat. Hal ini menjadi kurang penting dari waktu ke waktu karena Google lebih menekankan pada faktor pencari lainnya. Bila Anda membuat URL pada situs Anda, jangan khawatir untuk memasukkan kata kunci di dalamnya. Tidak ada salahnya untuk menambahkan kata kunci. Tetapi Anda tidak harus menjejalkan URL Anda dengan kata kunci karena akan tampak tidak wajar.

Karakter Khusus
Kadang-kadang Anda melihat karakter aneh di URL seperti &, %, $, dan @. Hal ini akan menyulitkan mesin pencari untuk menjelajah situs jika URL mengandung banyak karakter khusus. Dengan mempertimbangkan fakta bahwa Google menyarankan bahwa Anda harus menggunakan strip daripada garis bawah karena mempengaruhi bagaimana mesin pencari membaca kata kunci dalam URL Anda.

Jika Anda mengupload gambar, jangan gunakan spasi saat Anda menamai gambar. "Musim-hujan" akan lebih baik daripada "Musim hujan" karena ruang kosong akan digantikan karakter khusus.

Dengan mengoptimalkan URL, Anda akan memudahkan mesin pencari untuk membaca URL Anda. Namun, jangan terlalu fokus terhadap upaya ini karena bagaimanapun website yang baik adalah yang memiliki kualitas konten dan backlink yang bagus. Namun cara di atas hanya salah satu upaya kecil untuk membuat website Anda lebih baik.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

0 comments:

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.