Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Saturday, May 11, 2013

4 Cara Mudah Membuat Blog Yang Dapat Menarik Banyak Pengunjung

membuat blog super
Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung yang bersedia mengunjungi blog Anda secara rutin? Apakah Anda ingin mendapatkan $10.000 tiap bulannya? Yang perlu Anda lakukan adalah membuat blog yang dapat menarik pengunjung yang membayar Anda sesuai yang Anda inginkan. Memang sulit untuk membuat sebuah blog yang dapat menarik banyak pengunjung. Maka dari itu saya hadir untuk membantu Anda semua. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengikuti 4 langkah berikut ini dan Anda akan segera mendapatkan penghasilan enam angka dari internet setiap enam bulan.

1.  Menjadi Yang Paling Beda
Apakah Anda ingin blog Anda menjadi pusat perhatian pengunjung? Maka dari itu, jadilah yang berbeda dengan lainnya.

a. Desain
Desain blog Anda akan memunculkan kesan pertama dari pembaca dan pengunjung. Karena itu, Anda harus mengurusnya dengan benar. Dan untuk menjadi berbeda, desain Anda harus berbeda dari desain lain dalam niche Anda, Bagaimana? Jika blog di niche Anda memiliki warna seperti biru, merah, dan oranye, Anda dapat menggunakan warna ungu atau yang lainnya. Dan jika blog lain menggunakan gaya magazine, Anda dapat membuat blog Anda lebih tradisional. Aoa yang saya ingin katakan adalah bahwa Anda perlu melakukan penelitian singkat tentang blog yang paling populer di niche Anda kemudian Anda mencoba untuk menjadi yang berbeda dari mereka semua.

b. Content Style
Anda harus memiliki gaya yang unik dari semua blogger lainnya. Anda harus memeriksa dimana mereka menempatkan gambar, apa font yang mereka gunakan, apa rumus yang mereka gunakan untuk menyusun postingan mereka. Setelah Anda melakukan penelitian sederhana ini, sekarang Anda mulai berpikir tentang gaya konten unik yang akan Anda gunakan.

c. Content Format
Yang saya maksud dengan content format atau format isi blog Anda adalah jenis postingan, apakah audio, video, atau artikel dan sebagainya. Anda harus menggunakan salah satu yang tidak populer di niche Anda, jadi jika mereka menggunakan artikel, gunakanlah video, dan jika mereka menggunakan video, gunakanlah audio dan sebagainya.

d. Blog Topic
Ini adalah hal yang paling sulit menurut saya yaitu memilih topik yang unik dan berbeda dengan lainnya. Jadi bagaimana cara untuk memilihnya? Berikut ini adalah trik sederhana yang dapat Anda lakukan. Anda dapat menggabungkan 2-3 topik terkait untuk memilih topik unik Anda. Sebagai contoh: Mediablogger adalah blog tentang sosial media + blogging. Lalu Anda dapat menuliskan postingan mengenai hal tersebut. Jadi, lakukan sebuah penelitian cepat untuk menemukan topik unik milik Anda sendiri. Mungkin Anda berpikir bahwa hal ini konyol. Tapi silahkan Anda coba maka Anda akan membuat sesuatu yang luar biasa. Anda harus dapat membuat pembaca mudah mengingat blog Anda mulai dari desain, format konten, atau bahkan topik blog Anda.

2.  Membuat Konten Yang Unik dan Menarik
Sekarang saatnya untuk membuat konten yang unik dengan menggunakan desain dan format yang telah Anda pilih sebelumnya. Ini harus berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Cobalah untuk fokus pada pembuatan konten yang tidak akan ditemukan di mana-mana. Buatlah postingan Anda informatif dan tidak mudah kadaluarsa. Selain itu cobalah juga untuk menggunakan beberapa tips SEO, sehingga postingan Anda memiliki peringkat yang tinggi di search engine dan mendapatkan lebih banyak traffic. Untuk membuat postingan yang dapat menarik pengunjung, fokuslah pada jenis ini.
  • Studi Kasus
  • Panduan (seperti tips trik atau tutorial)
Tentu saja Anda akan bertanya mengapa? Satu-satunya jawaban adalah bahwa hal itu akan membuat Anda sebagai seorang profesional di niche Anda. Itu menunjukkan kepada klien bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan. Jadi, cobalah untuk fokus pada jenis ini di awal.

3.  Menyempurnakan Desain Halaman
Sekarang Anda telah membuat konten yang menarik. Saatnya Anda untuk menyempurnakan halaman Anda. Ini adalah halaman yang dapat menunjukkan layanan Anda. Anda dapat menyertakan beberapa hal-hal berikut ini di dalamnya.
  • Sebuah judul yang dapat menarik perhatian seperti (10 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog) dan lain sebagainya.
  • Tampilkan tatanan tulisan dan tata bahasa yang berkualitas kepada mereka.
  • Menyertakan Form Contact.
  • Dan beberapa hal lainnya yang dapat membuat pembaca Anda kagum dengan website/ blog Anda.
Anda tidak perlu mengikuti rumus ini tapi saya pikir ini adalah hal terbaik yang harus dilakukan.

4.  Meminjam Beberapa Otoritas
Setelah Anda membuat konten yang menarik, Anda perlu meminjam beberapa otoritas, Cara terbaik untuk melakukan ini adalah guest blogging. Dengan guest blogging Anda akan:
  • Mendapatkan beberapa traffic blog
  • Mendapatkan klien
  • Dan misalnya Anda menawarkan jasa maka tampilkan pekerjaan Anda untuk klien Anda.
Jadi, ketika mereka mengunjungi blog Anda dan melihat konten yang menarik di blog Anda, mereka akan berpikir untuk mengunjungi blog Anda berkali-kali. Hal terbaik tentang guest blogging adalah bahwa hal itu dapat membawa traffic ke blog Anda selamanya.

Kata-kata Terakhir:
Beberapa hal di atas adalah 4 langkah utama yang perlu Anda ikuti untuk membuat blog Anda ramai pengunjung. Sekarang Anda perlu mengambil tindakan untuk mulai mengikuti langkah-langkah di atas dan tindakan pertama yang dapat Anda lakukan adalah untuk memberi tahu kami apa pendapat Anda tentang postingan ini? Apa langkah lainnya yang bisa di tambahkan di sini?

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

496 comments:

  1. Informasinya menerik sekali. Menambahkan sedikit, perlu sosialisasi juga agar blog bisa dikenal orang lain. Sebagus apapun konten dan desain blog yang telah dibuat, tanpa disosialisasikan, tidak serta merta didatangi pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas trimakasih banyak tambahannya.,.,
      Memang sosialisi itu adalah yang paling penting agar blog dan website kita bisa dikunjungi banyk orang. Apalagi ditambah cara di atas maka pengunjung akan tertarik untuk datang lagi dan lagi..
      ^^

      Delete
    2. thanks atas infonya quw ingin mencobanya dulu...!

      Delete
  2. tapi blognya agan ishana sangat bagus tampilannya saya salut, jadi pengen punya yang kayak gini. ditunggu kunjungan balik agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kawan, Blog Anda juga sangat menarik sekali.
      Apalagi yang berhubungan sm tempat wisata di Lombok, jadi gampang kalo mau kesana referensinya.. :)

      Delete
    2. http://newbietroopers.blogspot.com/

      Delete
    3. http://newbietroopers.blogspot.com/

      Delete
  3. Replies
    1. Sama2 kawan semoga berguna..
      ^^

      Delete
    2. Sama-Sama Juga Saya Ucapkan terima kasih..Mas Ishana kl tidak keberatan, bisa berkunjung ke kerajinandesa.blogspot.com, kira-kira oke nya berapa persen ya?

      Delete
  4. Yang paling sulit bagi saya adalah membuat desain halaman yang menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar itu mz,,,
      Sulit sekali untuk mengatur tata letaknya.. ^^

      Delete
  5. mantaap gan tips nya.....kayaknya buth kreatifitas ya ama kesabaran kalo blog mai rameee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull sekali kawan, komitmen di awal harus kuat agar tidak berhenti di tengah jalan...

      Delete
  6. Yang paling sulit bagi saya dalam belajar Blog ada lah Seo, semoga agan mau membantu dalam pembuatan artikel SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah kawan, karena sy mahasiswa jadi tugas kampus juga membanjir...

      Delete
  7. thanks gan atas infonya tolong kunjungannya
    di http://www.wijayainfo.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bosan untuk kembali lagi kawan...

      Delete
  8. terima kasih gan infonya bagus..

    silahkan berkunjung ke http://syamsblog95.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. Thank's Gan nice info
    di tunggu kunjungan baliknya gan
    visit me : http://engginer-system.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera kawan...
      Trimakasih sudah berkunjung, jangan bosan untuk kembali lagi.

      Delete
  10. nyimak doang sob..

    Blognya mas sudah saya follow .. jika berkenan Follow back ya..

    kunbal.

    ugl-kreatif.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung kawan..

      Oke...

      Delete
  11. Bagus!saya jadi tertarik untuk ngikutin

    ReplyDelete
  12. nice gan...
    lancong ke blog ane... ;)

    ReplyDelete
  13. Tolong ramaikan halaman ini ya masbro
    saling follow juga okey
    http://www.facebook.com/addnonstop
    http://www.facebook.com/forumanakrantau
    http://www.facebook.com/MaenPokerTanpaModalWithdrawBisaJadiDuitAsli
    http://www.facebook.com/KoleksiVideoOveraVanJavaDiTrans7

    grup fb http://www.facebook.com/groups/134276456647027

    situs http://bloggeronecu.blogspot.com/
    http://koleksivideoovj.blogspot.com/

    no spamming

    ReplyDelete
  14. thx atas infonya gan follow banckk y. www.cahgaroet.tk

    ReplyDelete
  15. Thanks for the info :) Kamu semua boleh lihat blog saya ya. Azwien Azri :)

    ReplyDelete
  16. Banyak belajar dari sini agar bisa terus blogging bro

    ReplyDelete
  17. Tq banged gan informasinya ......... Sangat berguna bagi pemula seperti saya ..... Kunjungan baliknya yah gan......

    ReplyDelete
  18. Lagi mau belajar nih supaya blogku jadi menarik buat orang2 kunjungin. Terima kasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  19. siiip infonya makasih banyak Boss...!!!

    ReplyDelete
  20. Sukses buat kak Ishana, Blognya keren!
    Rangking alexanya tinggi pula .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga berkat usaha yg tidak mudah kawan,,,,
      Masih banyak yang lebih baik dari milik sy.
      ^^
      Terimakasih sudah berkunjung..

      Delete
  21. terimakasih infonya pak.sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula di dunia blogger

    ReplyDelete
  22. terimakasih sudah berbagi pengalaman nya pak

    ReplyDelete
  23. terimakasih pak atas infonya salam kenal ya pak

    ReplyDelete
  24. bisa jadi pelajaran juga buat saya nih pak

    ReplyDelete
  25. terima kasih pak atas informasi dan sudah mau berbagi. sukses selalu pak

    ReplyDelete
  26. baru kali ini saya temuin penjelasan cara riset keyword yang simple tapi mudah di pahami

    ReplyDelete
  27. terimakasih atas penjelasannya pak,,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  28. dalam pembuatan konten yang harus di pertimbangkan faktor2 apa saja pak?

    ReplyDelete
  29. Teruslah berbagi informasi tentang cara membuat blog menarik banyak pengunjung mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.

    ReplyDelete
  30. Menarik sekali pembahasannya, nampaknya saya harus banyak belajar lagi mengenai SEO. Makasih buat postingan inspiratifnya mas.
    Kalo ada waktu main juga ya ke blog saya Kumpulan Sejarah

    ReplyDelete
  31. good artikel,ditunggu artikel ya lainnya.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kawan, silahkan berkunjung kembali..

      Delete
  32. Postingan yang bagus mas. Sngat bermanfaat sekali.
    Saya masih kesulitan untuk membuat post yang menarik, apakah harus mengikuti idealisme untuk selalu menyajikan tulisan original atau dengan copy paste artikel lain supaya menarik pengunjung?
    Takutnya kan nanti dicap sebagai plagiat. Menurut mas gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alangkah baiknya buat artikel sendiri semenarik mungkin, jikalau ingin copy paste jangan semua, kita ambil intinya kemudian dipaparkan dengan bahasa sendiri..
      Menurut sy begitu. ^^

      Delete
  33. Keren tipsnya nih, saya coba pelajari step by step.. ^_^

    ReplyDelete
  34. ajibbbbbbbbbbbbbbbbbb



    visit:
    http://fconan45.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. Langkah-langkahnya udah cukup jelas dan tinggal dipraktekkan saja, makasih Bos..!!!Saat ini Blog bisa jadi sumber uang ini contohnya :
    http://jobcopas-go-online.blogspot.com
    http://layanan-info-online.blogspot.com
    http://kerja-online-aman.blogspot.com
    http://downloadalldi.blogspot.com

    ReplyDelete
  36. infonya mantapp,,harus di coba,,mkasih gan

    ReplyDelete
  37. Tips-tipsnya membantu banget gan bagi blog ane yang baru ane luncurin.. hehe

    sekalian blog walking :D

    www.interior-minimalis.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy lihat desain2nya bagus2 sekali,,,jadi pengen punya rumah dengan desain seperti itu,,,tp iayanya brp ya syng disana tidak disebutkan..

      Delete
  38. Mantap Gan..... :)Bisa buat di Terapkan nih .. heheh

    ReplyDelete
  39. bantu visit n follow ya http://eriserise.blogspot.com/

    ReplyDelete
  40. Replies
    1. Artikel di atas adalah konsep dasarnya kawan, Anda tinggal mengeksplorasi, mempraktikkan, dan berinovasi agar hasilnya lebih.

      Delete
  41. Bagus2 (y)
    Minta follbacknya ya udah saya follow :)

    ReplyDelete
  42. Izin nyimak ya gan, kere, ditunggu maen ke blog ane

    ReplyDelete
  43. izin nymak gan. dan izin ninggalin link barqahs.blogspot.com

    ReplyDelete
  44. mantap tutornya , ijin tak praktekin ya master.

    ReplyDelete
  45. info yang bagus buat pemula kayak saya. Tuhan yang membalasnya amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn,,,
      Terimakasih kawan salam sukses untuk Anda...

      Delete
  46. Info Ini sangat membantu khususnya bagi saya Mas,, Untuk bisa meningkatkatkan Tampilan serta Perform Blog ane,,
    salam Support.
    Tq...

    ReplyDelete
  47. ok ga info nya sangat bermanfaat........terimakasih

    ReplyDelete
  48. wahhh.. gan mampir jga donkk di blog saya,, (ya mski saya baru pemula).. plisss ya gan..

    ReplyDelete
  49. maksihhh banyak atas semua infonya, sangat bermampaat buat saya, memang harus saya pahami dulu....jika tidak keberatan tolong check web saya, saya mau mendengar komentar anda apa yang harus saya benahi.

    ReplyDelete
  50. mantap, numpang nyimak aja gan

    mampir yahh >> http://projectfamily42.blogspot.com/

    ReplyDelete
  51. cara menambahkan burung burung yang dapat terbang terbang di dalam blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kawan sy tidak punya..dan jika boleh kasih saran, tidak perlu diberi itu krn mengganggu pengunjung..

      Delete
  52. wah infonya bagus banget gan
    sekalian ane dah follow blog agan
    jangan lupa follback yaaaa gan :)
    http://pixmasoftware.blogspot.com/

    ReplyDelete
  53. wah manttap infonya mas, tolong di cek juga blog http://sitebasic.blogspot.com/ sy apa yg kurang ya

    ReplyDelete
  54. thanks gan tipsnya agak sedikit berbeda dari blog lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps karena setiap orang memiliki pengalaman sendiri2 sobb..tp intinya sama2 untuk memajukan blog buatannya.

      Delete
  55. info yang bermanfaat. Menurut saya yang paling oke untuk menarik banyak pengunjung blog sepertinya desain dan topiknya....mudah-mudahan bisa saya terapkan. Ditunggu kunjungan baliknya mas di blog saya DINAMIKA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali sob,,dua hal itu juga sangat penting sekali untuk menghasilkan banyak pengunjung...

      Delete
  56. artikelnya menarik dan bermanfaat bagi pengunjung terutama blogger gan. mohon agan mengomentari blog saya yang masih "jelek" ini gan www.info-boleh-banget.blogspot.com agar blog saya bisa seperti blog agan.. amin

    ReplyDelete
  57. wah info yang sangat bermanfaat dan sangat patut untuk di aplikasikan untuk blog yang kita miliki,. Nice Post gan,.. salam kenal dari http://jawacyber.blogspot.com

    ReplyDelete
  58. Terima kasih Informasinya kak, sangat membantu buat blog online shop saya http://luffe-onlinestore.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete
  59. kalau saya sih prefer bikin isi ygs esuai mood saya . Tapi lagi belajar biar apa yg dibaca bisa buat inspirasi bukan dari mood doang . Terimakasih infonya, main2 ke blog saya yaa :D
    miranty-anzelia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagaimanapun caranya kita membuat artikel yg penting isinya itu disukai banyak orang,,itu sedah lebih dari cukup.. ^^
      Salam sukses

      Delete
  60. makasih gan infonya,,,,http://www.mediaproyek.blogspot.com/

    ReplyDelete
  61. trimakasih infonya mas... klo sempat berkunjung di web kami ya... makasih

    ReplyDelete
  62. maksih gan infonya keren banget sumpah ..

    ReplyDelete
  63. Gan ane dulu tu blogger mwb trus rame karena sering blogwalking nah ane make blogger nih agak susah ya kalo mw blogwalking xD ditunggu Kunbalnya ( Kunjungan Baliknya ) Biar blog ane juga rame di http://louis---sub.blogspot.com

    ReplyDelete
  64. keren kawan artikel nya..
    salam silaturahim kawan.

    ReplyDelete
  65. nah..ini baru artikel bagus.
    mantap. kunjung balik ya...thx

    ReplyDelete
  66. wahhh keren bgt dachhh tuchh
    sukses dachhh gan

    ReplyDelete
  67. saya sebenarnya dah lama ingin mmbuat blog dan lebih jauh lagi menjadi seorang blogger. tp sy ga tau cara membuat blog gan. mohon infox........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara pembuatannya memang sy tidak memposting krn sudah banyak blog2 yang membahas tentang itu..silahkan bisa Googling..
      Tp untuk tips dan trik blogging bisa baca2 di blog saya kawan..
      Bila ada kesulitan silahkan bisa bertanya..

      Delete
  68. widihhh mantap bgt dachhh keren blog nya


    sukses ajh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih kawan..
      Semoga artikelnya bermanfaat..

      Delete
  69. mau tanya nih,,, klo bwt blog itu bayar gk??
    makasih,, bwt infonya :)

    ReplyDelete
  70. Replies
    1. Sama2 kawan....
      Trimaksih sudah berkunjung..

      Delete
  71. thanks infonya gan (y) mampir lah :D

    ReplyDelete
  72. berguna sekali,,,,, saya newbie niyy,, mohon pencerahannyaa ^___^
    mampir yaa
    http://siscasyahenna.blogspot.com/

    ReplyDelete
  73. Thanks sob.


    Http://sinarindone.blogspot.com

    ReplyDelete
  74. Kunjugi blog saya www.crazyamime.blogspot.com Thanks you

    ReplyDelete
  75. masih memimpikan punya blog yang memikat, bang Ishana Balaputra. dari 4 tips di atas, saya sangat atusias tuk menulis materi yang bermutu dan menyihir pembaca tuk kemabil lagi lagi dan lagi.

    Semua ini memaang butuh kerja keras ya, makasi Ishana Balaputra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang semuanya butuh kesungguhan kawan,,
      Semoga sukses untuk Anda,,
      Salam kenal. . . .

      Delete
  76. thanks infonya gan ,ini kunjungan pertama saya kunjung balik ok

    ReplyDelete
  77. Wadhuuuh udah banyak banget yaa yg comment.. ^_^
    Tapi emang trik diatas SETUJU banget deeh.. saya juga dari kemarin prinsip nya hampir sama seperti itu juga.. Cuman kalau boleh nanya saya agak kurang paham maksud yg no. 4 gan!! Ttg Guest blogging itu bisa dicontohin??

    Euyah kalau boleh minta masukannya juga yaa tentang blog saya.. :-D
    Saya pengen ada yg ngasih kritik atau saran ttg cara saya ngeblog gan..

    ReplyDelete
  78. thx banget buat refrensi nya gan..

    emank ini yang saya cari

    jangan lupa berkunjung ke blog ane ya gan

    jayamakmur-depok.blogspot.com
    dunia seputar permasalahan air conditioner
    trims

    ReplyDelete
  79. gw masih pemula gan jadi pusing kepala

    ReplyDelete
  80. Terima kasih mas atas infonya...
    Akan saya terapkan dan semoga berhasil.

    Ditunggu post berkualitas berikutnya, mas :D
    Nice post...

    ReplyDelete
  81. Salam persahabatan Follow SITUS ISLAM OMA SUPARTANA

    ReplyDelete
  82. Info yang sangat berguna, trimakasih !

    ReplyDelete
  83. follow me ya http://irpan11.blogspot.com/

    ReplyDelete
  84. ok aq tunggu di http://ainafajrin.blogspot.com/

    ReplyDelete
  85. oke, mantap gan..
    Infonya sangat menarik..
    Kunjungi balik ke blog ane ya?

    http://bisnisgratis007.blogspot.com/

    Lw mau, bantuin juga donk rame'in blog ane..
    Hehe..

    ReplyDelete
  86. makasih infonya gan, sangat brmanfaat skali...
    jgan lupa kunjungi blog ane ya ?

    ReplyDelete
  87. Tips-tipsnya membantu banget gan bagi blog ane yang baru ane luncurin.. hehe

    sekalian blog walking :D

    ReplyDelete
  88. good info gan. ditunggu kunjungan balik nya di www.toko-parket.com
    salam sukses selalu

    ReplyDelete
  89. tips nya lengkap banget sob, desainnya juga keren :D

    ReplyDelete
  90. Mksh mas,,,, sangat bguna bgi org laen,,,,

    ReplyDelete
  91. terima kasih atas sarannya... :) http://fransescolife.blogspot.com/

    ReplyDelete
  92. Ok terima kasih atas masukkannya. Bisa jadi bahan pelajaran untuk blog yang saya kelola.
    1. http://westjava27.blogspot.com/
    2. http://tokoonlinewestjava27.blogspot.com/
    Ditunggu kunungan baliknya sobat blogger.

    ReplyDelete
  93. Terimakasih kawan infonya sangat sngat bermanfaat.
    visit to my blog ya,,
    http://opiksupriatna.blogspot.com/

    ReplyDelete
  94. makasih infomasinya dan ilmunya saya kagum blognya bagus dan rank keren abis salam kenal mampir ke blog saya mohon saraannya agar saya bisa maju mennggali ilmu ini

    ReplyDelete
  95. wah makasih unfonya gan, ane setuju banget sama tips diatas untuk kemajuan blog ane.
    .
    langsung cek aja >>> http://lensaglobe.blogspot.com

    ReplyDelete
  96. infonya menarik mas, jadi pengen om coba praktekin. Terimakasih ya! :*

    ReplyDelete
  97. Oke gan infonya........ by : http://herma-putra.blogspot.com/

    ReplyDelete
  98. kunjungan malam sob,
    di tunggu kunbal ny di http://jhonsijabat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  99. kunjungan perdana sob

    celco-blog.blogspot.com

    ReplyDelete
  100. Info yang sangat menarik buat blogger pemula seperti saya

    Jika berkenan mohon kunjungannya ke blog Saya:

    cariuang-dari-internet.blogspot.com

    ReplyDelete
  101. Wah makasih ilmu nya om.
    http://maustreaming.zz.mu

    ReplyDelete
  102. tidak ada yang sulit jika ingin belajar

    ReplyDelete
  103. Salam kenal mas, tipsnya bermanfaat sekali,tapi saya masih newbie jadi masih agak bingnug..hehe
    http://kerensaja.blogspot.com/

    ReplyDelete
  104. thanks gan.. visit back http://do-fis.blogspot.com

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.