Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Wednesday, June 19, 2013

Gunakan Google Analytic Untuk Memeriksa Backlink Penting Anda

google analytic
Jumlah dan sifat backlink ke situs web adalah salah satu faktor paling penting yang masih digunakan dalam orientasi pengguna organik hasil pencarian saat ini. Ini membantu menentukan popularitas sebuah situs web. Rank metrics seperti Google PageRank dan Moz Domain/ Rank Authority menggunakannya untuk me-ranking website. Jadi semakin banyak backlink yang Anda miliki (berkualitas, tidak mengandung spam dan tidak membeli) maka semakin baik situs Anda untuk tampil di hasil pencarian. Mengetahui apa backlink Anda dan dari mana asalnya dapat menyediakan Anda wawasan yang berguna dan dapat membantu Anda untuk menyaring link murahan untuk mendapatkan yang berkualitas. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat melihat backlink website Anda di Google Analytics.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Backlink Analysis?
Backlink Analysis dapat berharga bagi kinerja website Anda di mesin pencari. Informasi yang pertama dan paling berguna yang dapat Anda temukan dari data backlink adalah jumlah dan sifat link yang rusak. Link eksternal mungkin menunjukkan ke halaman di situs web Anda bahwa Anda telah dipindahkan atau dihapus. Oleh karena itu, backlink akan berguna kecuali Anda melakukan sesuatu tentang hal itu.

Anda juga dapat memeriksa tren dan melihat jenis halaman apa yang sedang dihubungkan oleh website lain. Dengan kata lain, Anda dapat mengetahui apa yang orang suka tentang situs web Anda, begitu banyak sehingga mereka menghubungkan ke sana. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengumpulkan tren data dan menciptakan lebih banyak konten seperti itu.

Wawasan lain yang sangat penting dapat dilihat dari jenis situs yang terhubung ke Anda. Sebagai contoh, jika sebuah situs web berkualitas tinggi memberikan backlink, Anda harus menyelidiki dan mencari tahu apa dan mengapa mereka suka. Anda kemudian dapat tetap berhubungan dengan mereka dan menjaga koneksi berkualitas tinggi yang pada akhirnya akan membantu ranking website Anda.

Menggunakan Google Analytic Untuk Menganalisis Backlink
Google Analytic menawarkan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menganalisis backlink Anda. Untuk menggunakan alat ini, ikuti langkah berikut:
  • Login dulu ke akun Google Analytics Anda, kemudian klik pada website property yang ingin Anda lihat backlinknya.
  • Lihatlah sidebar kiri, dan di sana Anda akan melihat bagian Standard Reports. Klik pada tab Traffic Sources, klik panah pada bagian Social, dan pilih Trackbacks.
google analytic

Trackback pada dasarnya adalah pemberitahuan untuk setiap kali website me-link ke situs yang lain. Ini adalah catatan tentang halaman di satu situs yang terhubung ke halaman lain di situs web lain. Setiap trackback dalam kasus ini akan berisi URL yang menghubungkan dan URL yang dihubungkan. Anda juga dapat melihat berapa banyak kunjungan yang dihasilkan sebagai hasil dari setiap backlink, sehingga Anda dapat menghubungi website itu untuk mengatur lebih banyak backlink untuk meningkatkan traffic Anda.
  • Sekarang Anda akan melihat daftar semua trackback ke website Anda dalam jangka waktu tertentu. Anda dapat mengubah periode ini dan menunjukkan backlink dari bulan lalu atau seminggu yang lalu, dan sebagainya. Fitur ini berguna bila Anda ingin melihat berapa banyak backlink Anda yang dihasilkan selama waktu tertentu.
time period

Semoga Anda menyukai artikel ini dan jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman Anda melalui jejaring sosial dan platform lainnya. Jangan lupa beri tahu kami juga alat apa yang Anda gunakan untuk menganalisis profil backlink Anda. Terimaksih,,wassalamualaikum.....

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.