Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Saturday, May 25, 2013

Google Penguin 2.0 Telah Diluncurkan Pada 22 Mei 2013 - Bagaimana Cara Menghindarinya?

penguin 2.0
Google telah memperingatkan versi baru yang menakutkan yaitu Update Google Penguin untuk beberapa waktu. Ketika Matt Cutts merilis sebuah video yang membahas menu SEO mendatang awal bulan ini, ia menyebutkan bahwa Update Penguin 2.0 semakin dekat, namun saat ini sudah dirilis yaitu tanggal 22 Mei 2013 lalu. Dengan rilis ini diharapkan para webmaster lebih berhati-hati lagi dalam memelihara website atau blognya untuk menghindari dampak dari Penguin 2.0 ini.

Apakah Update Ini Baik Atau Buruk Bagi Hasil Pencarian Google?
Dalam video tersebut (di bawah ini), Cutts mengatakan hal ini tentang Update itu: "Kami relatif dekat dengan penggelaran generasi berikutnya untuk Penguin. Secara internal kita menyebutnya 'Penguin 2.0'. Penguin adalah perubahan webspam yang didedikasikan untuk mencoba menemukan black hat webspam dan mencoba untuk menargetkan itu. Jadi yang satu ini sedikit lebih komperhensif daripada Penguin 1.0, dan kami berharap untuk maju sedikit lebih dalam dan memiliki sedikit lebih banyak dampak daripada versi asli Penguin".


Bahkan sebelum video itu ada, Cutts membahas update Penguin itu pada Twitter. Dia cukup banyak mengatakan hal yang sama: "It's called Penguin 2.0 and it would be larger".

Ini adalah pemberitahuan Cutts mengenai update penguin melalui Twitternya:

matt-cutts-tweet-penguin

Pada hari Rabu, Cutts mengungkapkan bahwa update sudah dirilis. Dia dalam blog pribadinya mengatakan, "Kami mulai meluncurkan generasi berikutnya dari algoritma Penguin webspam pada 22 Mei 2013 siang hari dan peluncuran secara lengkap. Perubahan ini juga telah menyelesaikan rilis untuk bahasa lain di seluruh dunia. Ruang lingkup penguin berbeda menurut bahasa, misalnya bahasa dengan lebih banyak webspam akan terlihat dampak yang lebih".

Cara Agar Aman dari Google Penguin 2.0
Silahkan Anda simak gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar):

cara-aman-dari-google-penguin-2.0

Ini masih harus dilihat seberapa besar dampak dari pembaruan ini terhadap webmaster. Semoga Anda bukan salah satu orang yang terkena dampak dari Update Penguin 2.0 ini. Selalu jaga website Anda dan hindari teknik-teknik kotor atau black hat yang biasa digunakan untuk meningkatkan SEO dan hasil pencarian di Google.
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.