Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Tuesday, May 14, 2013

Cara Memasang Widget Recent Posts Dari FeedBurner di Blogger

Anda mungkin telah melihat widget recent post yang terpasang di sidebar beberapa blog tapi paling sering widget ini menggunakan kode JavaScript sehingga akan meningkatkan waktu buka halaman website/ blog Anda. Kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara menambahkan widget Recent Post yang ditawarkan FeedBurner ke dalam blog Anda dengan rapi, menarik, unik, dan yang paling penting loading blog cepat.
Biarkan saya memberitahu Anda bahwa FeedBurner juga menggunakan JavaScript, tapi itu sudah disesuaikan ketika dipasang di dalam blog Anda dan tidak memperberat loading blog karena JavaScript ini tidak secara langsung terhubung ke blog Anda. Jadi 50% dari waktu loading dibagi oleh FeedBurner.

Widget FeedBurner Recent Post
FeedBurner seperti yang Anda semua tahu adalah layanan web untuk mengirimkan feed blog Anda. Setelah Anda mendaftar FeedBurner maka dia akan menyediakan Anda beberapa widget seperti Rotating Headlines Banner, Subscription Email form seperti yang Anda lihat di sidebar, feed counter, dan yang paling penting adalah Widget Recent Posts seperti yang ada di sidebar saya.

feedburner recent posts

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:
  • Buat dulu Akun Feedburner Anda, saya harap Anda sudah memilikinya.
  • Login ke akun Feedburner Anda dan klik tombol Publicize seperti gambar di bawah ini.
feedburner recent posts

  • Kemudian klik BuzzBoost yang ada di sidebar kiri.
feedburner recent posts

  • Pada halaman yang muncul, Anda akan melihat formulir sederhana seperti ini.
feedburner recent posts

Isilah formulir dengan informasi yang relevan. Biarkan saja semua item tidak usah dicentang. Pada "Number of items to display" silahkan Anda isi dengan berapa link yang akan Anda munculkan nanti dan saya mengisikan angka 8 tapi 6 juga sudah cukup. Pada "Open links in" pilihlah Same Window. Kemudian klik tombol Save yang ada di bagian bawah.

  • Langkah selanjutnya, copy semua kode yang ada di bagian atas seperti pada gambar ini.
feedburner recent posts
  • Selanjutnya Login ke akun blogger Anda
  • Masuk ke tab Layout dan klik Add a Gadget 
add a gadget
  • Kemudian pilihlah HTML/JavaScript.
blogger html/javascript
  • Sekarang Paste kode tadi ke dalam widget dan berilah judul Recent Posts
  • Selesai

Semoga tutorial singkat ini dapat membantu Anda, bila ada yang kurang dimengerti silahkan tuliskan pertanyaan Anda dalam kotak komentar yang ada di bawah ini.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

29 comments:

  1. saya bisa mengerti tutorialnya, seperti bagus untuk di tambahkan ke blog.
    tutorial yang berguna,

    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah berkunjung...
      Salam kenal..

      Delete
  2. Ternyata bisa ya memasang widget recent posts dari FeedBurner di Blogger. Saya baru tahu. Terima kasih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mz feedburner menyediakan layanan untuk itu..

      Delete
  3. Thank..bro. Tutorialnya 100% sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika cara melakukannya benar pasti berhasil kawan...
      ^^

      Salam sukses untuk lokersolo.com

      Delete
  4. Terima kasih infonya karena menambah wawasan saya lagi sebagai seorang blogger. Saya salut dengan admin dan juga blog ini. Btw, apa rahasia sukses ranking Alexa blog ini yang bagus sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pujiannya sob..semoga artikel di sini bisa bermanfaat walau hanya sedikit..
      Yah, saya hanya mengikuti kemauan SEo dan google saja, dan satu lagi posting yg teratur..semua sudah saya ulas di blog ini.
      ^^

      Delete
  5. saya bloger pemula, dan ini sangat bagus untuk perkembngan blog saya . thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, silahkan berkunjung kembali kawan...

      Delete
  6. terima kasih ya kk salam kenal kk http://memolodys.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. saya coba pasang dulu recent postnya lewat feedburner .... mungkin loading blog bisa tambah cepat ... makasih infonya mas

    ReplyDelete
  8. Thanks info nya gan, wah sudah berhasil ne di blog saya

    ReplyDelete
  9. Loading berat memang jadi masalah, tapi bukan javascript dgn ukuran 30K yg membuat loading blog jadi berat, melainkan gambar. Lagipula, menambahkan beberapa kilobyte loading blog demi tampilan yg cantik menurut gua oke2 aja. Hp china gua aja ga ada masalah buka website 100K, apalagi pc..

    Bagi yg mau widget recent post horizontal atau random post'nya, bisa coba klik pada nama gua, atau copy paste url berikut: http://j-smith-site.blogspot.com/2012/09/horizontal-recent-post-widget-thumbnail.html

    @Admin & All: Salam blogger.

    ReplyDelete
  10. matab gan infonya menambah wawasan yang baru untuk saya terima kasih atas informasi yang di berikan

    ReplyDelete
  11. Sangat istimewa, terimaksih buaanyak+banget, sangat membantu......

    ReplyDelete
  12. sob postingannya menarik bangat.. oya aku mau nanya nie. bisakah recent post di blogspot itu dipisah2 kan berdasarkan waktu dipostingnya? Tolong di bantu ya sob. Thx before

    ReplyDelete
  13. saya akan coba mas.. terus kalau menambahkan artikel terbaru melalui feed burner apa sama mas caranya?

    ReplyDelete
  14. Iya akan saya coba di blog saya. Terima kasih dengan tipsnya

    ReplyDelete
  15. terimakasih banyak untuk cara memasang widget, sangat membantu meskipun sedikit...

    ReplyDelete
  16. Manteep sob untuk tutornya, mudah di mengerti :)
    http://apotekherbalkita.com/obat-herbal-abses-otak/

    ReplyDelete
  17. Makasih gan untuk informasinya :)
    http://goo.gl/v6sPCK

    ReplyDelete
  18. sip makasih gan infonya coba dulu..


    Kunjungi juga berita seputar jabodetabek terkini
    Infonitas.com


    ReplyDelete
  19. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja PT Astra Internasional Tbk

    ReplyDelete
  20. Nice info banget gan, nanti saya coba terapkan di website saya

    http://kabaroto.com/ Berita Otomotif Terkini dan Terlengkap

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.