Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Thursday, February 7, 2013

Selalu Tambahkan Tag Nofollow Untuk Link Eksternal Di Blog Anda

link dofollow dan nofollow
Memahami algoritma Google untuk PageRank sangat penting untuk mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian search engine. Menurut saya bahwa PageRank tidak terlalu penting dibandingkan dengan Alexa Rank. Tapi jika Anda ingin bersaing di SERP, memahami algoritma itu penting. Seluruh infrastruktur dan fondasi Google didasarkan pada backlink. Semakin banyak backlink, situs Anda akan memiliki peningkatan yang signifikan di mata Google. Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara link masuk dan link keluar. Link masuk/ link in adalah tulang punggung keberhasilan blog Anda. Link masuk adalah link yang berasal dari situs lain yang mengarah ke blog Anda.

Pengertian Link Internal Dan External?
Link internal adalah link yang menunjuk ke halaman manapun dalam situs Anda. Misalnya Jika saya me-link posting lama saya maka akan menambah jumlah link internal saya. Selalu buatlah link internal Anda dengan tag DoFollow.

Jangan pernah membuat kesalahan dengan menambahkan link nofollow untuk setiap halaman internal Anda. Tingkatkan jumlah inbound link sebanyak yang Anda bisa, sehingga robot pencari dapat menelusuri dan mengindeks halaman Anda.

Link eksternal adalah link yang mengarah ke situs lain dari situs Anda. Dengan kata lain ketika Anda me-link ke situs manapun dalam web Anda maka akan meningkatkan jumlah link keluar atau eksternal link. Minimalkan jumlah link external dalam blog Anda. Tambahkan link external jika memang benar-benar diperlukan.

Jika Anda telah mengamati PageRank saya turun dari PR 3 ke PR 2 pada pertama Google Update. Saya tidak bisa mengklaim bahwa itu terjadi karena perubahan yang dibuat tapi saya dapat meyakinkan Anda langkah-langkah yang saya pelajari dan diterapkan akan menguntungkan D-Genera untuk kedepannya. Anda belajar dari kesalahan Anda dan saya telah belajar banyak dari beberapa kesalahan yang saya buat dan ini adalah salah satu alasan mengapa saya berbagi posting ini hari ini.

Saya menghubungkan semua situs web seperti Facebook dan layanan Google secara membabi buta karena di beberapa sumber saya telah membaca bahwa menghubungkan jejaring sosial akan meningkatkan relevansi blog Anda dan akan meningkatkan kepercayaan di mata robot pencarian karena menghubungkan situs besar menunjukkan bahwa Anda menulis sesuatu yang layak dan Google selalu memastikan untuk mempromosikan blog yang menyediakan tutorial berkualitas. Tapi semua yang saya baca sebelumnya adalah semua ternyata salah!

Link Yang Harus Diberi Tag Nofollow
Untuk memastikan bahwa situs Anda tidak kehilangan PR, cukup menambahkan tag nofollow untuk link yang mengarah ke situs eksternal. Ketika robot menjelajah konten Anda, mereka mencari link pada halaman Anda dan jika Anda telah menandainya sebagai link nofollow maka robot akan menganggap sebagai teks biasa dan mereka tidak akan repot-repot mencari di mana link tersebut mengarahkan mereka. Ini akan mencegah aliran PR untuk link situs tersebut yang ditandai sebagai nofollow. Selalu tandai link eksternal termasuk situs jejaring sosial dengan tag nofollow tapi jangan sekali-sekali menambahkan tag nofollow untuk link Anda sendiri. Beberapa contoh di bawah ini yang harus diberi tag nofollow:
  • Facebook
  • Layanan Google seperti gmail, Google+, AdSense, Feedburner, Blogger, YouTube, dll
  • Mozilla dan Chrome dan semua halaman add-on browser
  • Microsoft, Yahoo, Google
  • Link torrent, rapidshare, megashare, dll dll
  • Link demo, download, dll
  • Dan ratusan link eksternal yang mengarah ke website lain

Link Yang Harus Diberi Tag Dofollow
Dalam terminologi nyata tidak ada script Tag dofollow, jadi ketika Anda meninggalkan link dalam bentuk aslinya tanpa menambahkan tag nofollow maka itu berarti bahwa link tersebut dofollow. Laba-laba akan menelusuri link, mengindexnya dan akan dihitung sebagai link eksternal sehingga berbagi PR Anda dengan halaman eksternal yang telah terhubung. Jadi link apa saja yang harus dibiarkan asli tanpa tag nofollow? Jawabannya adalah: Semua Link Internal / Inbound Link, dan link niche.

Link internal akan membantu laba-laba menjelajah halaman Anda lebih dalam dan mereka akan lebih sering mengindeks link tersebut. Bila Anda me-link ke posting Anda yang sudah ada, laba-laba akan menelusuri dan memeriksa kemana link tersebut mengarah sehingga kembali mengindeks postingan tersebut. Hal ini akan meningkatkan daftar pencarian Anda.

Link Niche adalah seperti jika Anda memasang link sumber pada Artikel yang Anda tulis karena Anda mengutip artikel orang lain. Dengan kata lain link niche adalah memberikan link ke blog teman atau ke blog yang membahas konten yang sama seperti yang Anda lakukan. Anda terhubung kepadanya karena Anda menyukai kontennya dan Anda ingin berbagi konten itu dengan pembaca Anda. Kebanyakan orang membuat teman-teman jaringan dengan cara ini.

Saya harap posting ini dapat menambah pemahaman Anda mengenai link dofollow dan nofollow sehingga dapat memelihara PageRank Anda. Semoga hari-hari Anda menyenangkan.. :D
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

13 comments:

  1. Saya masih sedikit bingung, code macam apa yang harus saya pakai untuk tag dofollow??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,sudah saya sebutkan di atas kawan.
      Tidak ada script untuk tag dofollow. Jadi apabila ada link out aktif itu sudah dofollow.... :)
      Jika ingin jadi nofollow maka tinggal memberi tag nofollow untuk link tersebut.

      Delete
  2. Izin untuk mempelajarinya mas, hehe masih bingung dikit.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Silahkan kawan, tp jgn lupa paragraf awal kalo bisa pakai bhs sendiri... ^^

      Delete
  4. Jujur saja saya masih bingung dengan niche link. Btw, bisakah memberi contohnya secara nyata? Misalnya di postingan blog kamu ini atau blog temanmu yang mana termasuk niche link.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niche itu adalah kategori blog Anda kawan,,,
      Niche link adalah link yang berasal dari website yang bahasannya sekategori dengan Anda, misalkan blog yang sama2 membahas mengenai media sosial...seperti itu.

      Delete
  5. thanks utk info do no follow.

    ReplyDelete
  6. baca semua artikel disini bener2 oke ya..hehehe...sambil menunggu jawaban comment saya di blog post lainnya hihi

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.